Selasa, 21 September 2010

Rekomendasi Konferensi ke-7 BKPPI

REKOMENDASI KONFERENSI VII
BADAN KERJA SAMA PERSATUAN PELAJAR INDONESIA (BK-PPI)
SE-TIMUR TENGAH DAN SEKITARNYA
“MENGOPTIMALKAN BASIS-BASIS PERADABAN UNTUK KEMAJUAN INDONESIA“

Rabat Maroko, 18 – 20 September 2010

Dengan menyebut nama Allah Tuhan yang maha pengasih lagi maha penyayang. kami generasi muda Indonesia yang terhimpun dalam organisasi Badan Kerja Sama Persatuan Pelajar Indonesia (BK-PPI) Se Timur Tengah dan Sekitarnya, melalui konferensi internasional dan forum-forum diskusi yang melibatkan segenap anggota organisasi, utusan dari organisasi Pelajar Indonesia non BK-PPI dan peserta lainnya yang menghadiri acara konferensi VII di Rabat Maroko, telah menyusun dan menyepakati rekomendasi yang akan disampaikan kepada pihak-pihak terkait demi kemajuan bangsa dan negara.

Penyusunan dan pengajuan rekomendasi ini dilakukan atas dasar kepedulian, kekhawatiran, semangat dan amanat organisasi oleh segenap mahasisiwa BK-PPI sebagai generasi penerus bangsa yang besar; bangsa Indonesia.

Rekomendasi ini kami susun dalam dua katagori, yaitu internal dan eksternal, yang pertama ditujukan kepada kepengurusan baru BK-PPI 2010-2013 sebagai Badan Pelaksana organisasi. Sedangkan yang kedua, kami tujukan kepada instansi pemerintah Indonesia, organisasi sosial kemasyarakatan, organisasi politik dan pihak-pihak lainnya yang dianggap memiliki keterkaitan dengan isi rekomendasi ini.
REKOMENDASI INTERNAL 

1.         Mengamanatkan Badan Pelaksana BK-PPI 2010-2013 agar melakukan koordinasi ke dalam dengan anggota-anggota BK-PPI secara intensif.
2.         Menghimbau Badan Pelaksana BK-PPI 2010-2013 untuk menjalin kerja sama dengan organisasi Persatuan Pelajar Indonesia non anggota BK-PPI secara intensif.
3.         Menghimbau Badan Pelaksana BK-PPI 2010-2013 untuk melakukan sosialisasi tentang pendidikan di kawasan Timur Tengah dan Sekitarnya kepada kalangan pelajar di Indonesia.
4.         Menghimbau Badan Pelaksana BK-PPI 2010-2013 agar mengoptimalkan anggotanya dalam membangun potensi kerjasama antara Indonesia dengan negara-negara di kawasan Timur Tengah dan sekitarnya dalam berbagai bidang.
5.         Mengamanatkan Badan Pelaksana BK-PPI 2010-2013 untuk terus memperjuangkan anggota BK-PPI yang hinga saat ini belum mendapatkan haknya dalam temus.

REKOMENDASI EKSTERNAL

1.        Menghimbau pemerintah Republik Indonesia, dalam hal ini Kementerian Pendidikan Nasional (KEMENDIKNAS),  Kementrian Agama (KEMENAG) dan perwakilan RI di Luar Negeri agar  memberikan perhatian serius terhadap keberadaan generasi muda bangsa yang sedang menempuh pendidikan di luar negeri.
2.        Merekomendasikan kepada Kementerian Agama (KEMENAG) dan instansi-instansi yang terkait dengan pengadaan Tenaga Musim Haji (TEMUS) agar melibatkan seluruh anggota BK-PPI.
3.        Menghimbau pemerintah Republik Indonesia, dalam hal ini Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (KEMENAKERTRANS) dan perwakilan RI di Luar Negeri  agar selalu tanggap dalam mengatasi masalah-masalah yang berkaitan dengan Tenaga Kerja Indonesia yang berada di luar negeri.
4.        Menghimbau Pemerintah Republik Indonesia dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) untuk mengalokasikan keuangan negara secara tepat dan efisien serta menghindari kesan penghamburan anggaran.
5.        Menghimbau pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri (KEMENLU) dan Komisi I DPR RI, untuk mendukung perjuangan dan kemerdekaan rakyat Palestina.
6.        Menghimbau kepada pemerintah Indonesia dan seluruh elemen bangsa agar bisa menyelesaikan sengketa perbatasan wilayah antara Indonesia Malaysia dengan jalan damai dan jalur Diplomasi
7.        Menghimbau pemerintah Republik Indonesia dan seluruh elemen bangsa Indonesia khususnya organisasi-organisasi politik, agar terus menjaga iklim demokrasi yang kondusif sesuai dengan konstitusi yang berlaku.

Demikian rekomendasi ini kami ajukan kepada pihak-pihak yang terkait dengan harapan; semoga dapat menjadi masukan yang semestinya dan manifestasi dari eksistensi kami sebagai bagian dalam proses pembangunan Indonesia yang bersih, adil, mandiri, berdiri di atas kaki sendiri, sejajar dengan bangsa-bangsa yang berdaulat secara terhormat, unggul dan berwibawa.

0 comments:

Posting Komentar