Rabu, 22 September 2010

Diskusi III - sesi I


PERAN MAHASISWA TIMUR TENGAH MEREDAM JARINGAN TERORIS

Oleh : Dr. Arif Rahman (Perwakilan PPI Maroko)

(Rabat, 18/9)
Menurut Dr. Arif Rahman yang mempresentasikan tema Peran Mahasiiswa Timur Tengah dalam Meredam Jaringan Teroris, definisi kata terorisme tidak bisa di tentukan secara khusus.
Tujuan dari pada perang terhadap terorisme yang lazim dikenal saat ini adalah penggagalan rencana-rencana kelompok-kelompok yang berseberangan dan tidak mau bersekutu dengan Amerika dan pemusnahannya.

Presentator menilik penanggulangan terorisme yang dipropagandakan oleh Amerika. Menurutnya, sebagian dari kalangan menganggap bahwa hal ini mencapai titik keberhasilan. Namun sebagian kalangan lain mengklaim bahwa penanggulangan terorisme ini tidak berhasil meredakan isu terorisme itu.

Seorang peserta konferensi yang merupakan delegasi  dari Libya memberikan masukan seputar penanggulangan isu terorisme. Menurutnya dalam hal ini kita patut belajar dari Libya, yang menyelesaikan terorisme dengan pendekatan dialog.

Peserta lainnya yang merupakan delegasi dari Tunisia menyatakan bahwa akar dari merebaknya terorisme adalah pemahaman yang dangkal akan nilai-nilai Islam, khususnya yang mengandung kata-kata irhaab (terror). Salah satu solusi adalah dengan menganjurkan dan menyebarkan pemahaman Islam yang lebih mendalam dan menyeluruh. (Media Konf-7)

0 comments:

Posting Komentar